Tugas 3 Pemrograman Visual

Sebelumnya saya sudah membuat program If dan Case. Nah, sekarang akan di modifikasi program tersebut dengan sedikit tambahan!

1.Saat form dijalankan : semua isian tidak aktif, tombol isidata dan tutup aktif, tombol clear tidak aktif.

Yang pertama saya akan menambahkan kode programnya, seperti ini:
Setelan dijalankan, hansilnya:

Yang selanjutnya:

2.Saat ditekan tombol isi data : kodebarang, jumlahbarang, cara beli, tombol clear, aktif, tombol isidata tidak aktif

Saya akan memasukan kode program pada tombol isi data:
Hasilnya:
Temen-temen bisa lihat sendiri, setelah tombol isi data yang tadinya aktif sekarang tidak aktif setelah ditekan.

Lanjut ke kode berikutnya:

3.Saat ditekan combol clear, sama dengan saat form dijalankan.

Kodenya seperti berikut:
Dan hasilnya:
Kembali lagi ke awal.!

Sekarang saya akan mencoba membuat Puzzle!
Pertama buat desain dulu:

Deklarasikan setiap button yang ada di form tersebut, untuk pendeklarasianya bebas.
1=tb1
2=tb2
3=tb3
4=tb4
5=tb5
6=tb6
7=tb7
8=tb8
9=tb6

Lalu kita tuliskan programnya pada form dan setiap buttonnya.


Inilah hasilnya:

Mungkin ada yang bertanya kenapa hasilnya beda dari desain pertama!
Itu bukan karena listing programnya loh,,,!
Melainkan saya mengedit angka di dalam propertis di bagian FONT...!
Dan kenapa ada tombol Restart dab Close..?
Saya menambahkan dua tombol tersebut.! Bukan keluar dengan sendirinya...

Cuma sampai disini saja yang bisa saya buat! Jika ada yang mampir di blog saya dan melihat ini, lalu mencobanya, semoga bisa bermanfaat!


0 comments: