BIKIN PANJANG UMUR BATERAI



            Pasti pernah kehabisan daya baterai pada laptop, atau netbook saat meeting atau di ruang kuliah. Baterai yang bisa bertahan lama adalah tantangan terbesar pada mobile PC. Simak cara berikut agar kamu tidak gonta-ganti baterai:
1.      Bersihkan slot baterai pada laptop. Soket pada baterai bisa saja kotor sehingga mengurangi evektivitas pengiriman daya. Ketika laptopmu sedang dimatikan dan tidak tersambung ke listrik, lepaskan baterai. Gunakan kain penyeka yang dibasahi alcohol untuk membersihkan logam yang terhubung dengan baterai. Biarkan benar-benar kering sebelum kamu memasang kembali baterai dan menghubungkanya ke listrik. Ulangi prosedur ini setiap dua bulan.
2.      Isi bateraimu secara benar. Ketika berada dijalan pastikan kamu membawa adaptor dan hubungkan laptop-mu ke listrik setiap ada kesempatan. Baterai Litium-ion bisa di isi lalu dilepaskan dari sumber listrik tanpa perlu khawatir rusak, tapi jangan sampai bateraimu benar-benar kosong.
3.      Kosongkan daya baterai Ni-MH. Jika masih menggunakan laptop dengan baterai Ni-MH, pastikan kamu mengosongkan daya sebelum mengisi kembali satu atau tiga bulan sekali.
4.      Dinginkan baterai. Saat bekerja, laptop-mu menghasilkan panas. Semakin panas, semakin tidak efisien perangkat-mu sehingga akan boros energy. Pastikan laptop-mu bisa bernafas saat sedang bekerja. Pastikan juga lubang ventilasi laptop yang ada di bagian bawah dan samping tidak tertutup.
5.      Beli baterai cadangan. Membeli baterai cadangan akan sangat bagus, karena jika baterai-mu tiba-tiba ngadat, kamu tetap bisa bekerja.
6.      Simpan secara tepat. Jika kamu tidak menggunakan laptop dalam beberapa minggu ke depan, sebaiknya simpan baterainya di tempat sejuk. Sisakan daya baterai sampai 40% lalu bungkus plastik rapat dan taruh di lemari pendingin.





Artikel lain:





0 comments: