Postal III


Kekerasan lebih Dominan

Postal III akhirnya dirilis oleh Runing with Scissors setelah kurang lebih 15 tahun sejak kehadiran postal II yang banyak menua kontroversi. Mengapa demikian? Karena game ini lebih banyak menampilkan unsur kekerasan yang tidak layak untuk dimainkan oleh anak-anak. Berbeda dengan versi sebelumnya, Postal Iitidak lagi memanfaatkan genre permainan first person view, tetapi game ini sudah mengarah kesudut pandang orang ketiga (3rd person view).
Karakter yang akan Anda mainkan masih sama seperti pada Postal II, yaitu sang jagoan “Postal Dude”. Tidak ada yang berubah, Postal Dude masih tampil dengan jenggot di dagunya, menggunakan kacamata hitam, dan berbalut jaket panjang sebagai ciri khasnya. Melanjutkan kisah yang terdapat di dalam permainan Postal II, setelah berhasil meluluhlantahkan kota paradise dengan senjata nuklir, Anda berhasil melarikan diri hingga terdampar di kota Catharsis. Di kota inilah, petualangan Anda sebagai Postal Dude akan di mulai dalam game Postal III. Anda memiliki kendaraan, namun tidak memiliki pekerjaan. Dengan begitu, Anda pun kesulitan untuk sekedar membeli bahan bakar kendaraan guna keluar dari kota Catharsis. Rupanya, mencari pekerjaan di kota ini tidaklah mudah. Beberapa pekerjaan yang Anda jalani tidak berjalan mulussehingga Anda harus tinggal lebih lama di Cathasis.
Tidak hanya itu, beban lainya adalah Champ, anjing kesayangan Anda yang sering menimbulkan maslah sehingga pihak keamanan setempat ahrus mengurungnya. Untuk membebaskanya Anda harus menebusnya. Pekerjaan yang Anda lakukan merupakan misi yang terdapat didalam game ini. Semua misi yang dihadirkan tidaklah sulit untuk dilakukan sehingga game ini terlihat seperti mini gama. Pada sejumlah misi yang ada, Anda pun dapat berjalan-jalan dikota Catharsis layaknya sebuah game sanbox. Sayangnya tidak banyak yang bisa Anda lakukan kecuali menjalankan misi hingga selesai atau membunuh semua orang disekitar Anda. Anda pun bisa masuk ke sejumlah pertokoan, mall, taman dan sebagainya.
Salah satu feature yang menarik adalah Anda diberi kebebasan untuk memilih sebagai orang baik atau jahat pada game ini. Pada beberapa misi yang ada, Anda pun harus memilih untuk memihak ke kepolisian atau penjahat setempat. Uniknya, pilihan tersebt dapat berubah-ubah disetiap waktunya tergantung dari aksi yang Anda lakukan pada setiap misi yang ada.
Yang tidak kalah menarik dalam game ini Anda akan banyak menemukan berbagai pola tingkah humor yang “kotor” yang banyak di lontarkan oleh Postal Dude. Terkadang ada beberapa misi yang membuat pemainya merasa jijik seperti mengumpulkan kotoran binatang dan sebagainya. Yang patut di waspadai adalah unsur kekerasan yang masih tersisip didalam game ini. Untuk itu, game ini sangat tidak disarankan untuk dimainkan oleh anak-anak. Dalam game ini, Anda akan sering menyaksikan kepala manusai yang terpecah akibat perkelahian yang brutal, tubuh yang terpotong-potong, serta ceceran darah dimana-mana.
Unsur kekerasan lainya adalah Anda bisa membunuh musuh dengan cara membakarnya dengan bensin, melemparkan bom molotov, atau memutilasi dengan senjata tajam yang Anda miliki. Senjata tajam yang Anda gunakan pun sangat beragam. Anda bisa mengguanakn pistol, shotgun, senjata M16, M60, hingga menggunakan berbagai barang yang terlihat sangat “nyleneh” seperti vacum cleaner atau binatang yang ada dijalanan.
Kekurangan game ini secara keseluruhan terletak pada model permainanya yang terasa membosankan. Karena misi-misi yang dihadirkan terlihat kurang serius untuk digarap dan alur ceritanyan tidak terlalu jelas. Tidak hanya itu, efek yang ditampilakan juga terlihat kurang dramatis sehingga   jlan cerita semakin kurang menarik. Untuk game keluaran tahun ini, grafis yang dihasilkan terlihat sangat buruk. Gerakan karakternya kurang optimal alias kaku dan dukungan lingkungan sekitar yang memiliki tekstur sangat kasar. Kekurangan lainya adalah Anda akan sering menemukan lawan yang sama seperti hasil kloning. Hal ini tentunya memperlihatkan pengembangan Postal III malas berkreasi.
 










Website Resmi: www.runningwithscissors.com/postal3
[Majalah Chip]


Plus: pilihan menjadi orang baik atau jahat dapat berubah sewaktu-waktu
Minus: grafis yang buruk, misi yang membosankan, dan masih munculnya sejumlah bug.

0 comments: