UBUNTU BARU, Si Trenggiling Pintar



Trenggiling (pangolin) mungkin bukan salah satu hewan yang menarik atau difavoritkan manusia. Namun Precise Pangolin nama kode Ubuntu release 12.04 yang siap meluncur pada bulan April nanti, dijanjikan Canonical akan mengguncang jagat sistem operasi.
Mark Shuttleworth, founder Ubuntu, memang terkaenal sebagai orang yang dekat dengan inovasi. Setelah Ubuntu 10.04 Lucyd Lynx yang mengejutkan dengan desain antarmuka agak nyleneh dari pakemnya, Shuttleworth akan mencoba mengejutka pecinta Ubuntu lewat Precise Pangolin.
Beberapa pengamat memprediksi, release 12.04 itu juga akan mengundang pro kontra di kalangan pengguna Ubuntu. Namun perubahan yang dilakukan Shuttleworth pun diduga akan mendapat perhatian dari para kompetitornya. Kalau dalam 40 tahun terakhir, elemen GUI yang sangat diakrabi pengguna adalah WIMP (Windows, icon, menus, dan Pointer). Kehadiran Pangolin mungkin akan merombaknya menjadi WIHP, yakni windows, icon, HUD, dan pointer.
Nah, HUD atau Heads-up Display ini memang terobosan yang menarik. Mark Shuttleworth menyebutnya sebagai "interface" karena kemampuanya memahami "hasrat" pengguna melalui sebuah aplikasi.
Bagaimana sih bentuk HUD ini? Video yang disajikan Shuttleworth memperlihatkan sebuah layar transparan muncul diatas layar utama Ubuntu 12.04 LTS. Lantas pengguna tinggal mengetikan command apa yang dicari pada layar transparan tersebut. Pencarian menu ini berlaku untuk sistem maupun aplikasi. Dengan HUD, menu tree tidak lagi penting. Yang utama adalah efisiensi ketepatan antara apa yang diketikan user dan command yang muncul.
Uniknya, HUD seakan mempelajari aktifitas dan menu apa yang sering digunakan user. Alhasil menu-menu yang terbiasa digunakan user lah yang akan muncul pertama kali saat user mengetikan huruf demi huruf nama menu yang diinginkan.
Apakah aplikasi perlu dimodifikasi agar dapt memanfaatkan kepandaian HUD? Ternyata tidak. Bahkan user pun tidak harus mengadopsi HUD saat ini juga. Kepandaian berbasis Vocal User Interface (VUI) ini bersifat suplemen. HUd sudah tercakup dalam Pangolin, dan dapat dimunculkan user kapan saja diperlukan. Tertarik? Tunggu April nanti.

0 comments: